Selasa, 21 Juni 2016

Irritable Bowel Syndrome 6


Buscopan 10 mg


Buscopan 10 mg Tablets are indicated for the relief of spasm of the genito-urinary tract or gastro- intestinal tract and for the symptomatic relief of Irritable Bowel Syndrome.


INDIKASI DAN KONTRAINDIKASI



Buscopan adalah obat merk dagang produksi PT. Boehringer Ingelheim yang mengandung Hyoscine Butylbromide 10 mg. Obat ini termasuk golongan anti-kolinergik atau anti-spasmodik. Hyoscine berfungsi mengurangi kontraksi otot polos organ – organ di perut sehingga diindikasikan untuk meredakan nyeri perut akibat keram pada otot lambung, otot usus, saluran kencing, kantung kencing, kantung empedu, dan rahim. Penyakit yang merupakan indikasi penggunaan obat ini antara lain batu ginjal dan saluran kencing, batu empedu, nyeri menstruasi, gastritis, tukak lambung dan usus halus, serta irritable bowel syndrome. Hyoscine dikontraindikasikan pada penderita miastenia gravis (kondisi dimana terjadi kelemahan otot), glaukoma (peningkatan tekanan bola mata), akalasia (kesulitan menelan akibat kelainan otot katup lambung), hiperplasia prostat jinak (pembesaran prostat), megakolon (pembesaran usus abnormal), porfiria (kelainan pigmen darah), takiaritmia (kelainan ritme jantung), dan obstruksi usus (sumbatan pada usus). Selain itu, obat ini sebaiknya tidak diberikan pada penderita alergi Hyoscine, anak di bawah 6 tahun, serta ibu hamil dan menyusui.



EFEK SAMPING



Efek samping yang dapat timbul setelah mengkonsumsi Hyoscine antara lain mulut kering, gatal, berdebar – debar, kulit kering, sulit buang air besar atau kecil, gangguan penglihatan, nyeri perut, dan gatal – gatal. Reaksi alergi berupa kemerahan kulit yang gatal, pembengkakan wajah, bibir, atau bagian tubuh lain, sesak napas, sampai penurunan kesadaran. Efek samping ini bervariasi antar individu; sebagian besar orang tidak mengalami efek samping yang mengganggu. Hyoscine dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat, antara lain obat muntah (Metoclorpramide), obat Parkinson (Amantadine), obat malaria (Kina), obat anti-depresi (golongan trisiklik), obat anti-psikotik, obat alergi (anti-histamin), serta obat jantung dan paru. Penggunaan Hyoscine bersama obat – obatan ini memerlukan pengawasan dokter karena diperlukan penyesuaian dosis.


DOSIS



Buscopan tersedia dalam bentuk tablet 10 mg. Dosis Buscopan adalah 3 – 4 kali 1 – 2 tablet per hari. Penggunaan jangka panjang untuk meredakan nyeri tidak dianjurkan jika penyebab nyeri perut belum diketahui.










Buscopan Plus



INDIKASI DAN KONTRAINDIKASI



Buscopan Plus merupakan obat yang termasuk dalam golongan antispasmodik yang memiliki fungsi utama untuk mengurangi nyeri kolik yang diakibatkan spasme / kejang pada otot polos di saluran cerna, bilier (empedu), dan saluran kemih karena sebab apapun dan juga mengurangi gejala pada penyakit irritable bowel syndrome. Fungsi ini dihasilkan oleh komponen hyoscine-n-butylbromide yang terkandung di dalam buscopan Plus. Pada Buscopan Plus juga terdapat komponen paracetamol 500 mg yang berfungsi untuk menambah efek antinyeri. Hyoscine-n-butylbromide bekerja pada sistem saraf yang terletak diluar otak dengan memberikan efek antikolinergik dan anti-muskarinik yang berujung pada berkurangnya spasme otot polos pada target organ.
Buscopan Plus tidak boleh digunakan pada nyeri kolik yang berhubungan dengan penyakit ileus, myasthenia gravis, megacolon, dan glaukoma sudut sempit. Selain itu, Buscopan Plus juga tidak boleh diberikan pada pasien dengan alergi terhadap komponen yang terkandung pada buscopan plus baik hyoscine butylbromide atau paracetamol.
Selain itu, penggunaan Buscopan Plus juga perlu mendapatkan perhatian pada pasien dengan frekuensi denyut jantung yang meningkat seperti pada keadaan tiroktosikosis ; gangguan jantung seperti gagal jantung karena dapat mempercepat frekuensi denyut jantung yang selanjutnya dapat memperburuk keadaan pasien. Pasien dalam kondisi hamil atau sedang menyusui tidak direkomendasikan untuk meminum buscopan plus karena tidak terdapat data pendukung yang mengatakan bahwa obat ini aman untuk ibu hamil dan menyusui.

EFEK SAMPING



Efek samping yang biasa ditemui adalah meningkatnya frekuensi denyut jantung sementara dan menurunnya suara yang dihasilkan oleh pergerakan usus yang biasanya bertahan sampai 30 menit setelah obat diminum. Pelebaran biji mata sementara juga dapat ditemui.


DOSIS




Buscopan Plus memiliki sediaan berupa tablet. Tablet ini tidak boleh dipecah – pecah sebelum diminum. Dosis dewasa adalah 1 tablet tiap kali minum, tiga kali sehari sampai 2 tablet tiap kali minum, empat kali sehari. Anak – anak usia 6 – 12 tahun dapat mengkonsumsi obat ini dengan dosis 1 tablet tiap kali minum, tiga kali sehari. Buscopan Plus tidak boleh dikonsumsi sebagai obat – obatan yang rutin diminum setiap hari tanpa mengetahui penyebab nyeri perut yang ditimbulkan.



Selanjutnya http://cintailahususmu.blogspot.com/2016/06/irritable-bowel-syndrome-7.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar